PROGRAM KERJA LABORATORIUM
SMP NEGERI 2 SLAWI
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
KEPALA URUSAN LABORATORIUM KOMPUTER
SRI MARDIANA ASTUTI, S.Pd.
PROGRAM KERJA LABORATORIUM KOMPUTER
UPTD SMP NEGERI 2 SLAWI
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
A. LATAR
BELAKANG
Saat ini
dunia telah memasuki era informasi yang berkembang dan akan terus berkembang.
Informasi menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh semua orang, semua
kalangan baik itu instansi pemerintah maupun swasta bahkan semua negara. Karena
salah satu indikator kemajuan sebuah negara adalah diukur dari penguasaan
mereka terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Teknologi
informasi dan komunikasi yang dalam hal ini sering kita sebut komputer akan
terus berkembang dengan pesat. Sudah banyak kita lihat dan dengar bahwa semua
bidang sudah menggunakan komputer untuk membantu pekerjaan manusia. Diberbagai
bidang kehidupan baik, perdagangan, perkantoran, militer, pendidikan dan
lainnya, rasanya tak ada yang tidak bersinggungan dengan teknologi komputer
bahkan dalam kehidupan rumah tangga kehadiran teknologi komputer sangat
diperlukan. Intinya bidang dan profesi apapun akan sangat membutuhkan bantuan
komputer.
Untuk
menyiapkan peserta didik mampu menguasai teknologi dan informasi dibutuhkan
sarana pendidikan yang memadai, karena sarana pendidikan merupakan salah satu
komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran karena sarana pendidikan
yang lengkap dan bermutu menyebabkan pembelajaran akan semakin baik dan
berkualitas. Hal itu akan berakibat meningkatnya daya serap siswa yang pada
akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan mutu pendidikan.
Dalam
Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 bab VII pasal 42 ayat 2 mengemukakan
bahwa: Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana pendidikan yang meliputi
lahan ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata
usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja tempat
berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi dan
ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang
teratur dan berkalanjutan.
Sebagai
salah satu sarana pendidikan, laboratorium komputer mempunyai peran penting
dalam meningkatkan mutu pendidikan sebab keberadaannya menjadi sarana vital
bagi siswa untuk mengaplikasikan teori yang mereka terima sehingga siswa akan
lebih terampil dalam menguasai teknologi yang akan mereka perlukan dalam
menghadapi perubahan zaman yang semakin dinamis dan kompetitif.
B.
DASAR HUKUM
1. Undang-undang nomor 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan Pemerintah nomor 25
tahun 2000 tentang Program Pengembangan Pendidikan Nasional tahun
2000-2004.
3. Permendiknas RI nomor 19 tahun 2007
tanggal 23 Mei 2007 tentang Standar Pengelolaan oleh Satuan Pendidikan Dasar
dan Menengah.
4. Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun
2005 bab VII pasal 42 ayat 2 tentang Standar Sarana Prasarana
5. Surat Keputusan Menteri Pendidikan
Nasional nomor 087/U/2002, Tanggal 19 April 2001 tentang Penyusunan Standar
Peningkatan Mutu Pendidikan
C.
TUJUAN
1. Tujuan Umum
Secara umum
penggunaan alat laboratorium komputer berfungsi sebagai salah satu media yang
dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan dan penciptaan operasi yang efektif dalam
membimbing dan mendorong serta membantu peserta didik dalam penyelenggarakan
pendidikan yang lebih bermutu dan ketercapaian lulusan yang bermutu pula.
2. Tujuan Khusus
a.
Memberikan layanan kepada siswa sehingga mampu
menguasai teori sekaligus terampil mengaplikasikan komputer.
b.
Membantu guru untuk mengenalkan peralatan canggih
serta cara mengoperasikannya.
c.
Membantu siswa untuk mampu mengaplikasikan teori
yang diterima serta dapat mengembangkan kreasi dan imajinnya.
d.
Laboratorium komputer diharapkan menjadi tempat atau
sarana yang melayani dan memfasilitasi para siswa dan guru untuk menggali
literatur-literatur melalui jaringan internet dan Digital Library yang
telah dikembangkan di laboratorium komputer. Dengan adanya Digital Library
ini, laboratorium komputer ini diharapkan bisa menjadi sarana kajian,
penelitian dan belajar mandiri bagi siswa dan guru melalui koleksi-koleksi
digital yang ada, seperti buku elektronik, jurnal elektronik, software
pendidikan, video edukasi, audio, dan lain sebagainya.
e.
Dengan menggunakan laboratorium komputer dapat memberi
sumbangan bagi pendidikan secara umum dengan cara memberikan kesempatan untuk
mengembangkan keterampilan yang sangat diperlukan yang berpusat pada situasi
kehidupan nyata.
D. BENTUK
PROGRAM
No.
|
Bentuk Program
|
Target
|
Waktu
|
1
|
Penataan
Administrasi laboratorium komputer
|
Administrasi
laboratorium komputer tertata dengan baik
|
Setiap
hari kerja
|
2
|
Pendataan/inventarisasi
laboratorium komputer
|
Mengetahui
data alat, bahan, dan barang yang ada di laboratorium sebagai informasi bagi
sekolah dan instansi yang berkepentingan
|
Juli 2013
|
3
|
Perawatan Komputer
|
Semua
peralatan dapat berfungsi dengan baik
|
Setiap
hari kerja
|
4
|
Praktikum
|
Siswa dan
guru dapat mempraktekkan teori pelajaran di kelas sehingga meningkatkan
penguasaan dan keterampilan terhadap materi yang telah dipelajari
|
Sesuai
jadwal
|
5
|
Ekstrakurikuler
Komputer
|
Meningkatkan
kemampuan siswa dalam penguasaan teknologi dan informasi
|
Sesuai
jadwal
|
6
|
Pengenalan
Internet bagi guru dan karyawan
|
Guru dan
karyawan mengenal teknologi internet sehingga diharapkan mampu mencari
informasi dan bahan pembelajaran dari internet
|
November
2013
|
7
|
Pelatihan
pembuatan email bagi guru dan karyawan
|
Setiap
guru dan karyawan mempunyai email dan mampu mengoperasikannya
|
Desember
2013
|
8
|
Pengelolaan
web sekolah
|
Guru,
karyawan, Siswa, dan wali murid dapat mengakses informasi kegiatan sekolah
dan lainnya
|
Menyesuaikan
|
9
|
Pelatihan
pemanfaatan media pembelajaran
|
Guru dapat
menggunakan media pembelajaran dengan baik
|
Menyesuaikan
|
E. TUGAS DAN
TANGGUNG JAWAB
1.
Kepala Sekolah
a.
Melakukan pengawasan
b.
Memberikan pengarahan
2.
Kepala Laboratorium
a.
Melakukan koordinasi
b.
Memberikan bimbingan dan pengarahan
c.
Melakukan pengawasan terhadap laboran dan teknisi
d.
Melaporkan kepada Kepala Sekolah
3.
Laboran
a.
Melakukan pendataan inventaris barang
b.
Menata barang inventaris menurut fungsinya
c.
Mengatur jadwal penggunaan laboratorium komputer
d.
Memberikan laporan kondisi barang-barang inventaris
e.
Melakukan pengawasan penggunaan barang inventaris
f.
Melaporkan kejadian-kejadian penting yang berkaitan dengan
penggunaan barang inventaris
g.
Mengerjakan administrasi laboratorium
4.
Teknisi
a.
Melakukan pengecekan kondisi barang secara rutin
b.
Melakukan perbaikan pada barang inventaris yang masih
dapat diperbaiki
F. SUMBER DANA
Dana yang
digunakan dalam mengelola laboratorium komputer bersumber dari dana BOS.
G. PENUTUP
Demikian
program kerja laboratorium komputer SMP Negeri 2 Slawi tahun pelajaran 2013/2014
ini disusun untuk dapat dilaksanakan dan dijadikan acuan guna tercapainya mutu
pendidikan di SMP Negeri 2 Slawi.
Mengetahui
Kepala UPTD SMP Negeri 2 Slawi
BUDIONO, S.Pd
Pembina
NIP. 19620113 198301 1 002
|
Slawi, 01 Juli
2013
Kepala Lab. Komputer
SRI MULYAMARDIAN A, S.Pd
|
0 komentar:
Posting Komentar